Selasa, 01 Mei 2012

Makanan Khas Makassar

Makassar merupakan salah satu kota yang ada di Indonesia dan sering sekali dijadikan objek wisata bagi para turis atau pelancong yang ada di kota. Itu dikarenakan kuliner yang ada di makassar enak-enak dan murah-murah. Jika Anda berada di Makassar, Anda tidak perlu khawatir kehabisan makanan. Karena jika Anda berjalan di sepanjang jalan makassar, Anda akan melihat warung makan yang berjejeran di sepanjang jalan.
Tempat-tempat yang asyik di Makassar yait daerah pantai Losari. Di daerah ini banyak jenis makanan khas daerah Makassar, mulai Coto, Konro, Mie Kering, dan masih bayak lagi jeni2 yang lain. Jika Anda berkunjung di kota Makassar, luagkanlah waktu Anda untuk jalan-jalan atau refresing.
Coto
Makanan khas yang paling banyak digemari di makassar yaitu Coto. Coto merupakan makanan yang berbahan dasar daging sapi atau hati sapi. Makanan ini banyak diminati oleh semua kalangan karna hampir setiap warung yang menjual menu coto pasti selalu ramai. Jadi bagi yang pertama mencoba makanan khas ini maka dia pasti akan ketagihan. Tempat yang bisa anda kunjungi salah satunya itu Coto Daeng yang berada di Jln. Karungrung dekat dengan pantai losari.
Konro
Konro merupakan makanan khas daerah bugis yang super enak, Konro biasanya ditemukan pada acara-acara akikah. Tapi Anda tidak perlu berkecil hati karena masih banyak juga warung makanan yang menjual Konro, terserah pilihan Anda mau yang konro biasa atau Konro bakar, semuanya enak dan mantap. Konro merupakan maknan yang berbahan dasar daging sapi tapi ini berbeda dengan coto, karena konro disajikan dalam bentuk tulang dan daging.
Mie Kering
Sebanarnya Mie Kering berasal dari keturunan Tionghoa bernama Ang Kho Tjao, yang kemudian menurunkan pengetahuan memasak mie kering kepada tiga orang anaknya yaitu Hengky, Awa dan Titi. Setelah Ang Kho Tjao meninggal dunia, usaha kedai mie kering dilanjutkan oleh ketiga anaknya yang masing-masing membuka kedai sendiri. Yang cukup popular di Makassar adalah kedai milik Titi, sehingga nama mie kering ini selalu diidentikan menjadi Mie Titi. Dan sekarang ini, hampir semua orang menyebut mie kering tersebut dengan nama Mie Titi. Gerai mie titi awalnya hanya buka di Jl. Irian, itupun baru mulai buka selepas maghrib hingga jauh malam. Jadi jika Anda berminat untuk menikmati Mie Titi. Anda tidak perlu repot-repot mencari lokasinya karna Mie Titi mempunyai tiga gerai yaitu di Jln. Irian, Jln. Buolevared dan di Jln. Perintis kemerdekaan.
Es Pisang Ijo 
Pisang Ijo merupakan maknan yang paling digemari khususnya pada bulan suci Ramadhan. Biasanya dinikmati pada saat buka puasa. Esa pijang bayank sekali dijual disepanjang jalan tapi pada bulan ramadhan. kalau hari-hari biasa biasanya di jual di warung-warung makan.

Jadi jika Anda berada di kota Makassar maka Anda harus mencoba ketiga makanan khas daerah Makassar. Karena jika tidak maka Anda akan rugi.


5 komentar:

  1. pokoknya kalau mau cari makanan enak, datang saja ke makassar,,,,

    BalasHapus
  2. iya... I LOVE MAKASSAR
    dan makanan dsini murah2 lho..

    BalasHapus
  3. sitti fatimah saleng9 September 2012 pukul 17.09

    nice info, I love it....

    BalasHapus