Kamis, 31 Mei 2012

Brand Equity Mie Titi

Apakah Anda kenal dengan Mie Kering ? Tentunya iya. Dan apakah Anda juga kenal dengan Mie Ttiti pastinya iya. Brand Mie Titi sudah sangat terkenal di masyarakat. Bukan hanya masyarakat Makassar di luar sulawesi Mie Titi juga sangat dikenal. Bisa kita dapatkan Jawa atau Jakarta dan Bali.  Tapi Apakah Anda tahu kenapa brand dari Mie Titi begitu terkenal? Kali ini saya akan membahas mengenai Brand Equity dari Mie Ttiti.
Yang pertama kita harus tau apa itu merek? Merek menurut Kotler yaitu(( 1997: 283,284 ) merek adalah nama, istilah, tanda, symbol, rancangan atau kombinasi, yang mana atribut tersebut ditujukan agar konsumen dapat mengidentifikasi barang atau jasa dari seseorang atau dari sebuah kelompok pemasar sehingga dapat membedakannya dengan pesaingnya. 



Perusahaan yang lebih dulu dikenal merek dagangnya akan lebih unggul dibandingkan dengan pesaingnya. Yang harus dilakukan yaitu mempertahankan loyalitas konsumen.
Menurut Aaker ( 1991 : 46 ) kesetiaan pelanggan memiliki nilai yang strategi terhadap perusahaan antara lain
  1.       Mengurangi biaya pemasaran.
2.       Trade Leverage.
3.      Menarik pelanggan baru.
4.       Waktu untuk merespon ancaman dari pesaing

Selanjutanya yaitu mengatahui pengertian dari Brand. Brand equity menurut Koetler (2002:461) brand equity adalah perangkat aset yang melekat pada merek yaitu nama dan symbol, yang menambah atau mengurangi nilai suatu produk atau jasa bagi perusahaan atau pelanggan yang sangat berkaitan dengan merek yang diyakini, asosiasi mental dan emosional yang kuat, serta aktiva lain seperti hak paten, merek dagang dan hubungan saluran distribusi.

Apakah kelebihan brand equitu dalam perspektif perdanganan? (Dari perspektif perdanganan Brand Equity dapat menigkatkan asiosasi yang positif dalam diri konsumen sehingga konsumen percaya akan produk dari perusahaan tersebut.

Pada tahap ini konsumen akan melekukan pembelian atau mengkomsumsi produk tersebut. melaluli dua tahap yaitu Tahap Unware dan Awernes.
Brand Equtiy dibagun dari beberapa brand seperti brand Awarnes, brand image, brand respons dan brand relationship.

Sebenaranya di Makassar ada beberapa Gerai yang menjual Mie kering yaitu Mie Titi, Mie Awa dan Mie Anto. Tapi Restoran Mie Ttiti yang paling terkenal. Katanya mereka semuanya bersaudara.

Mie Ttiti
Nama Mie Titi merupakan nama dari pemiliknya sendiri yaitu Titi. usaha Mie kering ini didirikan oleh ayahnya yang bernama Ang Kho jao yang kemudian menurunkan pengatahuan memasak mie kepada ketiga anaknya.

Tempat
Mie Titi bisa Anda temukan di beberapa tempat. Di Makassar (Jl. Irian, Jl. Boulevared, dan Jl. Perintis)
di Bali Anda akan menemukan di Jl, Teuku Umar dengan nama Mie Galang, sedangkan di Jakarta terletak di DKI.
Promosi
Promsi dari Mie Titi yaitu bisa Anda liat di situs resminya, (forum-forum internet) banyak yang membahas Mie titi di forum-forum, Mulut kemulut. dan Mie titi selalu ikut berpastisipasi dalam acara keagamaan seperti acara maulid, bulan ramahdan.

Kenapa Mie Titi sangat disukai oleh masyarakat makassar, padahal Mie titi merupakan makanan china.? Itu karena Mie titi diolah dengan selera masyarakt makassar degan tidak mengesampimkan bumbu dasarnya. dan yang paling penting selalu memakai jeruk nipis. karena masyarakat makassar suka sekali degan jeruk nipis.

Saingan Mie Titi yaitu Mie Awa
Mie Awa merupakan saingan berat Mie Titi. Dapat dilihat dari jumlah pengunjungnya yang antri setiap hari. Brand Mie Awa jga sangat dikenal oleh masyarakat makssar.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar